Welcome To My Blog Ok, Do Not Go Anywhere Welcome To My Blog Ok, Do Not Go Anywhere Blog Bagi Pelajar: Fenomena Supermoon

Rabu, 23 Maret 2011

Fenomena Supermoon

Fenomena Supermoon 2011, Malam ini, 19 maret 2011, Lunar Perigee, supermoon peristiwa langka, 18 tahun sekali, purnama, terkait, bencanaPada Tanggal 19 Maret 2011, telah terjadi fenomena Supermoon. Apa itu supermoon? Supermoon (Lunar Perigee) adalah peristiwa purnama saat bulan berada pada jarak terdekatnya dengan bumi (perigee) yaitu berjarak 221.567 mil atau 356.578 Km (Kilometer). Peristiwa Supermoon ini merupakan peristiwa langka yang terjadi setiap 18 tahun sekali, yaitu jarak bulan paling dekat dengan bumi sejak 1993. Selain kita bisa melihat pemandangan bulan yang lebih terang nan jernih yang menerangi bumi malam ini dengan jaraknya yang lebih dekat, Planet Saturnus pun bisa sekalian kita amati karena berada didekatnya. Ya..tentunya jika ingin bisa melihat keduanya dengan lebih mantabs, gunakanlah teleskop.

Supermoon (Lunar Perigee) di Indonesia akan tampak mulai pada sabtu malam ini sekitar pukul 19.00 WIB dan puncaknya pada tengah malam, pukul 00.00 WIB minggu dinihari.

Terkait dengan peristiwa Supermoon ini, sebagian orang mengaitkan peristiwa ini dengan bakal tanda terjadinya bencana alam, benarkah itu? Nyooo...mari kita cari kebenarannya..

Menurut badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), peristiwa supermoon memang berpengaruh terhadap bumi, yaitu mengakibatkan terjadinya pasang air laut karena gaya tarik bulan, namun berdasarkan perhitungan NASA, kenaikan air laut saat terjadi Supermoon hanya sekitar 15 cm (centimeter) saja, tidak sampai menyebabkan gelombang tinggi.

Sedangkan menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim, Tanjung Perak, Surabaya, munculnya fenomena Supermoon bisa mengakibatkan banjir rob di sejumlah daratan. Misalnya saja untuk kawasan Surabaya Timur, yaitu dari Kenjeran, Gedangan Sidoarjo sampai Pasuruan, ketinggian pasang air laut bisa mencapai 110 sampai dengan 130 cm (centimeter) diatas permukaan laut.

Namun, jangan cemas dulu, karena itu semua merupakan hal biasa yang terjadi pada fenomena alam, serta tidak ada pengaruhnya dengan cuaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar